Dipostingan kali ini saya akan membahas strategi dari
membangun bisnis Butik yang sangat berkaitan dengan postingan saya sebelumnya
yaitu Bisnis Bagi Pecinta Fashion. Dalam membuka suatu usaha/bisnis pasti kita
harus memiliki strategi atau pelaksanaan gagasan dan perencanaan agar usaha
yang kita bangun dapat berjalan dengan lancar. Ada dua faktor yang akan sangat
berpengaruh pada bisnis kita, yaitu: Faktor
Internal dan Faktor Eksternal.
· Faktor
Internal di Lingkungan Perusahaan
Faktor internal suatu perusahaan merupakan
faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis, berperan langsung, dan berasal dari
dalam perusahaan itu sendiri.
Faktor internal perusahaan dibagi menjadi
dua, yaitu:
a) Kelemahan/Kekurangan (Weakness)
Kelemahan merupakan suatu kendala yang dihadapi dalam menjalani suatu
usaha/bisnis.
Kelemahan yang akan saya hadapi jika saya membangun usaha Butik adalah:
1.
Modal
Modal sudah pasti menjadi kendala dan merupakan salah satu kelemahan yang
saya hadapi mengingat saat ini saya belum berpenghasilan, masih seorang
mahasiswa dan masih sangat bergantung dengan orangtua.
2.
Pencarian Lokasi
Jika saya ingin membangun suatu bisnis, tentu saya harus menemukan lokasi
yang strategis agar dapat diketahui keberadaan Butik saya oleh banyak orang,
tetapi mencari lokasi yang strategis itu tidaklah mudah, itu juga merupakan
suatu kendala yang akan saya hadapi.
3.
Pencarian Tenaga Kerja
Mencari tenaga kerja yang mempunyai keahlian menjahit, apalagi menjahit
gaun itu sulit ditemukan.
b) Kelebihan (Strength)
Kelebihan merupakan suatu potensi yang dimiliki dalam menjalani suatu
bisnis.
Kelebihan yang saya miliki jika saya membangun usaha Butik adalah:
1.
Senang dan Bisa Mendesain Baju dan Gaun
2.
Up-to-date
dengan Perkembangan Mode
3.
Cinta dengan Dunia Fashion
· Faktor Eksternal
di Lingkungan Perusahaan
Faktor eksternal suatu perusahaan merupakan
faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis,
tetapi tidak berperan secara langsung, dan berasal dari luar perusahaan.
Faktor eksternal perusahaan juga dibagi
menjadi dua, yaitu:
a) Ancaman
Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan yang dinilai membahayakan
dan dapat mengakibatkan kemerosotan terhadap suatu perusahaan/bisnis.
Ancaman yang akan saya hadapi dalam menjalani bisnis saya adalah:
1.
Pesaing Lain
2.
Harga Bahan Naik
b) Peluang
Peluang merupakan suatu kesempatan yang dapat diperoleh dalam menjalani
suatu usaha/bisnis.
1.
Peminat Banyak
Jika saya mematokkan harga yang murah tetapi kualitas tinggi, maka
permintaan terhadap produk saya akan semakin tinggi.
2.
Membuka Cabang Baru
Jika
peminat sudah banyak, maka suatu usaha/bisnis yang dijalani dapat dikatakan
maju, dan kalau sudah maju, saya bisa membuka cabang baru.
Analisa Strategi
·
Faktor
Internal
1.
Kelemahan
Kelemahan
|
Perkiraan
|
Realisasi
|
Modal
|
0,4
|
0,5
|
Pencarian Lokasi
|
0,3
|
0,2
|
Pencarian Tenaga Kerja
|
0,3
|
0,3
|
Total
|
1
|
1
|
2.
Kelebihan
Kelebihan
|
Perkiraan
|
Realisasi
|
Hobi Mendesain
|
0,2
|
0,1
|
Up-to-date
|
0,3
|
0,4
|
Cinta Fashion
|
0,5
|
0,5
|
Total
|
1
|
1
|
·
Faktor
Eksternal
1.
Ancaman
Ancaman
|
Perkiraan
|
Realisasi
|
Pesaing Lain
|
0,6
|
0,5
|
Harga Bahan Naik
|
0,4
|
0,5
|
Total
|
1
|
1
|
2.
Peluang
Peluang
|
Perkiraan
|
Realisasi
|
Peminat Banyak
|
0,6
|
0,6
|
Cabang Baru
|
0,4
|
0,4
|
Total
|
1
|
1
|
Grafik Analisa Strategi
Berdasarkan
dari data analisa strategi yang sudah saya buat diatas, dapat disimpulkan bahwa
bisnis yang akan saya jalani masuk ke dalam kategori yang baik.
Pengaruh Lingkungan Perusahaan
1. Ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan
timbal balik antara manusia dengan makhluk hidup lain dan lingkungannya.
Pengaruh faktor ekologi terhadap usaha yang akan saya
bangun adalah sulitnya mencari tempat yang strategis karena minimnya jiwa
sosial masyarakat yang menyebabkan tempat yang ditinggalinya menjadi tidak
strategis.
2. Ekonomi
Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang urusan
kebutuhan yang tak terhingga dengan memanfaatkan sumber daya yang ada atau ilmu
yang mempelajari tentang kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Faktor
ekonomi yang akan saya hadapi dalam menjalankan bisnis saya berkaitan dengan
modal. Modal membuka bisnis butik tentu tidaklah sedikit. Maka dari itu saya
harus pandai-pandai mengatur strategi agar modal yang dikeluarkan tidak banyak,
tetapi menghasilkan untung yang besar dan tetap dijual dengan harga yang
terjangkau oleh semua kalangan.
3. Sosial
Sosial merupakan hubungan timbal balik antarinvidu,
individu-kelompok, dan antarkelompok. Faktor sosial bagi bisnis butik saya
adalah menjaga hubungan antara penjual dan pembeli agar tetap baik. Memberikan
pelayanan dan servis yang ramah, agar pembeli senang dan dapat mempromosikan
butik saya ke teman-teman atau keluarganya, sehingga penjual akan memiliki
makin banyak koneksi.
4. Politik
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian
kekuasaan dalam masyarakat yang menyangkut proses pembuatan keputusan. Faktor
politik dalam suatu perusahaan adalah menentukan pembagian kerja bagi si pekerja
dan pemilik perusahan.
5. Hukum
Hukum adalah peraturan yang berupa norma dan sanksi
yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur dan membatasi tingkah laku manusia
agar dapat terkontrol. Didalam membangun sebuah bisnis, saya harus menaati
peraturan pemerintah tentang mendirikan sebuah usaha agar bisnis yang akan saya
jalankan dapat berjalan sesuai hukum yang berlaku.
0 komentar:
Posting Komentar