Mungkin banyak yang ingin tau atau bahkan sudah tau bagaimana cara untuk
mengelola keuangan perusahaan/usaha yang sedang dijalani.
Mengelola keuangan perusahaan merupakan tantangan tersendiri bagi
pemiliknya, bagaimana kita membuat usaha menjadi lancar dan berkembang dengan
mengatur keuangan sebaik mungkin. Karena bukan tidak mungkin adanya godaan yang
akan membuat kita ingin membelanjakan semua uang dari hasil usaha kita dibanding
keinginan untuk menambah modal usaha itu sendiri.
Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan usaha kecil ini?
- Gaji diri Anda sendiri
jika Anda adalah pemilik sekaligus pekerja dalam usaha Anda sendiri, beri
upah/gaji diri Anda sendiri. Besarnya adalah 10% dari omset. Jika Anda
mempunyai karyawan maka total gaji Anda + karyawan tetap 10% dari omset.
- Sisihkan 1% bahan baku produk setiap hari
misal Anda buka warung makanan, sisihkan sedikit beras, minyak goreng, minyak
tanah dll. Kumpulkan hingga dalam jumlah tertentu. Lalu beli sendiri bahan tsb
dengan harga pasar.
- Bagi laba bersih menjadi 3 bagian:
a.
1/3 untuk menambah
modal
b.
1/3 simpan untuk
menjaga jika ada pengeluaran (perusahaan) mendadak
c.
1/3 simpan untuk
jangka waktu 1 tahun, ambil sebagian untuk mengembangkan usaha Anda
.
- Jangan pernah menggunakan uang usaha kecil Anda
Untuk kepentingan pribadi gunakan gaji Anda. Jika gaji Anda dirasa kurang
maka Anda harus mencari tambahan diluar bukan mengambil uang perusahaan.
- Disiplin!
Ingat usaha Anda selama ini akan gagal total jika Anda tidak memegang teguh
prinsip disiplin.
(Sumber:
Komunitas Ide Usaha)
0 komentar:
Posting Komentar