Jumat, 23 Januari 2015

Published 20:49 by with 0 comment

Mengelola Keuangan Perusahaan

Mungkin banyak yang ingin tau atau bahkan sudah tau bagaimana cara untuk mengelola keuangan perusahaan/usaha yang sedang dijalani.

Mengelola keuangan perusahaan merupakan tantangan tersendiri bagi pemiliknya, bagaimana kita membuat usaha menjadi lancar dan berkembang dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Karena bukan tidak mungkin adanya godaan yang akan membuat kita ingin membelanjakan semua uang dari hasil usaha kita dibanding keinginan untuk menambah modal usaha itu sendiri.

Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan usaha kecil ini?
  1. Gaji diri Anda sendiri
jika Anda adalah pemilik sekaligus pekerja dalam usaha Anda sendiri, beri upah/gaji diri Anda sendiri. Besarnya adalah 10% dari omset. Jika Anda mempunyai karyawan maka total gaji Anda + karyawan tetap 10% dari omset.

  1. Sisihkan 1% bahan baku produk setiap hari
misal Anda buka warung makanan, sisihkan sedikit beras, minyak goreng, minyak tanah dll. Kumpulkan hingga dalam jumlah tertentu. Lalu beli sendiri bahan tsb dengan harga pasar.

  1. Bagi laba bersih menjadi 3 bagian:
a.       1/3 untuk menambah modal
b.      1/3 simpan untuk menjaga jika ada pengeluaran (perusahaan) mendadak
c.       1/3 simpan untuk jangka waktu 1 tahun, ambil sebagian untuk mengembangkan usaha Anda
.
  1. Jangan pernah menggunakan uang usaha kecil Anda
Untuk kepentingan pribadi gunakan gaji Anda. Jika gaji Anda dirasa kurang maka Anda harus mencari tambahan diluar bukan mengambil uang perusahaan.

  1. Disiplin!
Ingat usaha Anda selama ini akan gagal total jika Anda tidak memegang teguh prinsip disiplin.


(Sumber: Komunitas Ide Usaha)
      edit

0 komentar:

Posting Komentar